Like Us

Sabtu, 13 April 2013

Review FC Barcelona vs Paris Saint Germain (Perdelapan Final UCL Leg II)

barca

Barcelona berhasil meraih tiket semifinal Liga Champions setelah bermain imbang dengan tamunya PSG di Camp Nou. Pertandingan yang berlangsung Kamis (11/4) dinihari WIB berkesudahan dengan skor sama kuat 1-1. Namun, Barca diuntungkan karena gol tandang 2-2 di markas PSG pekan lalu (aggregat 3-3).

Tidak hadirnya Messi di lini depan Barca membuat serangan demi serangan yang dilancarkan pasukan Tito Vilanova kurang berbuah hasil. Walaupun tidak masuk dalamstarting XI, nama Messi tetap ada di daftar cadangan Barca.

Permainan tuan rumah Barcelona di babak pertama tampak tidak berkembang dan beberapa kali mendapat ancaman yang cukup berarti dari tim tamu PSG. Babak pertama pun berakhir tanpa gol.

Di paruh kedua, PSG lebih menggencarkan serangannya. Alhasil, di menit 49 anak asuh Carlo Ancelotti berhasil memecah kebuntuan lewat Javier Pastore. Berawal dari umpan terobosan Ibra yang melewatkan dua bek Barca dan bola bisa dikejar oleh Pastore. Dengan sprint sedikit, Pastore pun berhadapan dengan Valdes dan melakukan sontekan yang langsung tembus ke gawang Barca. 0-1 tuan rumah tertinggal.

psg

Saat keadaan tertinggal ini, Barca mencoba bangkit. Tito Vilanova pun memasukkan Messi yang memang telah direncanakan masuk jika memang dibutuhkan. Messi yang dari awal pertandingan sudah terlihat ‘gelisah’ berada di bench pun langsung melakukan pemanasan. Kurang lebih 10 menit pasca gol, pemain yang sebenarnya masih belum fit dan dalam tahap pemulihan cedera hamstring ini masuk menggantikan Cesc Fabregas. Tepuk tangan penonton pun mengiringi masuknya bintang Barca ini. Semua asa penonton pun bergantung pada Messi, pasalnya jika keadaan tertinggal 0-1 ini bertahan hingga akhir, maka langkah Barca di Liga Champions musim ini akan berhenti.

Permainan Barca pun mulai berkembang dan lebih tenang dengan masuknya Sang Mega Bintang. Serangan-serangan yang lebih mengancam pun dilancarkan ke gawang PSG. Akhirnya Barca berhasil menyamakan kedudukan di menit 70 lewat kaki Pedro Rodriguez. Diawali oleh tusukan Messi di pertahanan PSG dan pemain nomor punggung 10 ini melepaskan umpan kepada Villa. Namun, David Villa yang menerima umpan dari Messi terlalu dikepung banyak pemain. Sehingga El Guaje pun memberi bola kepada Pedro dan langsung menembak si kulit bundar dengan keras ke sisi kiri gawang PSG. 1-1 skor sama kuat.

pedro

Keadaan ini pun membuat tim tamu tertekan dikarenakan jika skor bertahan hingga akhir, Barca menjadi lolos karena agresivitas gol tandang. PSG pun mencoba kembali menyerang untuk mencuri gol. Tito Vilanova berduet dengan Jordi Roura di pinggir lapangan tidak tinggal diam, melihat keadaan ini telah menguntungkan Barca. Maka ia memilih untuk bertahan dengan mengganti David Villa dengan Alex Song. Di menit-menit akhir laga pun PSG kembali mencoba menyerang, Sirigu (kiper PSG) pun mencoba bantu penyerangan. Namun sampai peluit panjang ditiupkan wasit, skor tidak berubah 1-1. Barca pun lolos ke babak semifinal Liga Champions dengan aggregat 3-3 (unggul gol tandang). Di babak 4 besar tersebut, Barca kemungkinan akan melawan tim apa pun dari 3 lainnya yang lolos (Dortmund, Munchen, dan Real Madrid).

Semifinal kembali akan diundi pada Jum’at, 12 April 2013. Sedangkan leg 1 akan beralngsung pada 23 dan 24 April, leg 2 pada 30 April dan 1 Mei. Sementara partai puncak akan dihelat di Wembley pada 25 Mei mendatang. Semoga Barca bisa mengulangi sukses dua tahun silam dengan sampai ke partai final di Wembley dan membawa pulang tropi ‘Si Kuping Besar’. Visca Barca!

Susunan Pemain:

Barcelona: Valdes, Alves, Pique, Adriano (’61 Bartra), Alba, Xavi, Busquets, Iniesta, Pedro, Fabregas (’61 Messi), Villa (’84 Song)

PSG: Sirigu, Jallet (’87 Van Der Wiel), Alex, Thiago Silva, Maxwell, Lucas Moura, Verratti (’83 Beckham), Motta, Pastore, Lavezzi (’81 Kevin Gameiro), Ibrahimovic


Reviewed by FCB Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar