Like Us

Minggu, 19 Oktober 2014

Pengalaman Seleksi Rekrutmen Pegawai BPJS Kesehatan Tahun 2014

Assalamualaikum Wr Wb

Moshi ... Moshi ...

Apa kabar kawan semua? Aku harap kalian sehat jasmani rohani ya saat membaca tulisan ini, dan jangan sampai sakit setelah membaca isi blog ini. Hehehe

Hari ini aku mau berbagi pengalaman nih, bagaimana proses seleksi di BPJS Kesehatan yang baru aja aku ikutin. Yah, walaupun gak berending dengan hepi, setidaknya aku punya pengalaman yang bisa aku bagiin buat kalian sampai tahap yang membuat aku tidak bisa lanjut *kemudian menangis di pojokan dalam pelukan Marshanda* ups, maaf ngelantur dikit. Hahaha

Sebelumnya kalian sudah tau donk ya apa itu BPJS? Iya kan? Oh, ternyata masih ada yang belum tau, tuh lagi nyengir sendiri. Hayooo ngaku. Yap, BPJS itu adalah sebuah lembaga pemerintah berstatus BUMN yang bergerak di bidang jaminan pemeliharaan kesehatan untuk seluruh masyarakat Indonesia. BPJS itu pengganti ASKES loh, jadi secara bertahap pemerintah akan mengganti ASKES menjadi BPJS. BPJS itu sendiri badan penggerak untuk program pemerintah yang bernama JKN atau Jaminan Kesehatan Nasional. BPJS terbagi menjadi 2, yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan (kalo yang kedua ini, aku bahas di lain waktu ya). BPJS merupakan singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Nah, itu tadi penjelasan singkat yang pernah aku pelajari dan pahami. Bukan tanpa alasan loh aku mempelajari apa itu BPJS Kesehatan, bukan juga karena BPJS ini keluar di mata pelajaran sekolah atau kuliah. Hehehe, tapi nanti di tengah-tengah tulisan kalian akan ngerti deh kenapa.

Lanjut ya, jadi proses awal aku mengetahui ada rekrutmen BPJS Kesehatan ini karena mendapat info dari salah satu pamanku, katanya coba liat BPJS kali aja ada penerimaan. Jadi aku tanya-tanya deh ke mbah Google, lacak sana sini kaya detektif Conan dan taraaaaaaa .... Memang lagi open recruitment !!!

Berangkat dari situlah, aku bersemangat untuk mendaftar seleksi di BPJS Kesehatan. Nah, berikut ini prosesnya teman ,,,


SELEKSI BERKAS

Aku nemu login untuk daftar online ini dari hasil penjelajahan di mbah Google, karna gak ada disediakan di web BPJS Kesehatan itu sendiri. Kenapa? kalo info yang aku dapat dari temannya temanku yang baru kenal sewaktu tes tertulis BPJS Kesehatan (Duh, ribet banget yah? Sabar deh ya, padahal aku sendiri gak ribet loh orangnya hehee) duh, sampai mana ya tadi, oya kenapa gak ada di web nya untuk daftar online karena tahun ini proses seleksi mereka bekerja sama dengan salah satu konsultan rekrutmen, PDV Consulting. Berbeda dengan tahun lalu, mereka melakukan perekrutan dengan SDM mereka sendiri, BPJS Kesehatan.

Nah, jadi awal input data itu ada 5 tahap untuk pengisian, penting banget kita memiliki email karna proses seleksinya gak bisa lewat POS dan hanya online, fardhu 'ain lah, wajib banget. hehehe. Jadi harus disiapkan tuh email, scan ijasah dan transkip nilai, seingat aku kita cuma upload itu, sama pas foto kalo gak salah inget ya. Yah buat jaga-jaga sih siapkan aja dulu semuanya, termasuk scan KTP, siapa tau kan dibutuhkan.

Adapun 5 tahap itu, aku diminta untuk mengisi keterangan diri, pengalaman kerja, riwayat pendidikan dan riwayat pelatihan kalo punya, lokasi tes dan upload dokumen. Well, gak ada kendala sih sewaktu daftar online, jadi lancar jaya aja. Waktu pengumuman seleksi berkas gak dikasih tau, jadi setiap hari aku pantengin tuh web nya untuk ngeliat hasil apakah aku termasuk yang lolos seleksi berkas. Setelah menunggu, tepat hari Jumat tanggal 19 September 2014, dan keluarlah namaku di lampiran peserta yang boleh ikut tes tertulis yang diadakan pada hari Senin tanggal 22 September 2014 di GOR UNY (waktu itu sih aku milih lokasi tes nya di Jogja) hehehe. Alhamdulillah, Allah memberikan aku kesempatan untuk ikut serta.


TES TERTULIS 

Hari Minggu tanggal 21 September 2014 aku siapin diri baik-baik tuh untuk tes, belajar dan tidur lebih awal, karena aku diwajibkan datang 1 jam sebelum tes dimulai, waktu itu tes dimulai pukul 08.00 WIB dan diwajibkan registrasi ulang sebelum tes dimulai. Pagi hari Senin nya aku berangkat dengan pede jam 06.30 WIB dan sampai di GOR UNY jam 06.50 WIB dan disana sudah banyak banget para pencari Tuhan, eh salah, duh korban sinetron nih, para pencari kerja maksudku, Hehe, maaf, garing ya?

Aku melirik sana sini, kok mereka semua kompak ! Kompak gimana sih? Mereka pake atasan putih dan bawahan kain hitam. Aku? Aku pake bawahan sih hitam, cuma atasannya BIRU men, langsung dag dig dug kok mereka semua kompakan ya, dapat info darimana pikirku. Tapi, untungnya aku sudah punya plan B, hahaha. Aku sudah membawa kemeja putih, buat jaga-jaga kalo dibutuhkan karna sehari sebelum tes itu aku bingung kok ga ada syarat dan ketentuan tes nya di web.

Nah, setelah parkirin kendaraanku, aku langsung menuju lokasi yang agak tertutup karna aku mau ganti baju, biar seragam kaya yang lain. Masalah pakaian pun beres. Nah, masalah lain muncul tuh, saat aku lagi antri, aku liat peserta tes di depanku, tinggi dan ganteng (duh, penting ya? sempet-sempetnya aku perhatiin hahaha), membawa beberapa lembar kertas di tangannya, aku peganglah tangannya itu dengan lembut, duh malah nulis yang gak-gak nih jadinya, hahaa, maaf ya, bukan kelainan tapi lagi kumat *sama ajaaaaaaaa*

Pas ngeliat kertas-kertas di tangan orang di depanku itu, aku langsung reflek nanya, apa itu yang dipegangnya, dia bilang itu kartu peserta tes dan surat pernyataan, aku tanya lagi dapat darimana, dia bilang dapat dari E-MAIL !!! Astagaaaaa, aku lupa hal kecil dan penting, NGECEK E-MAIL Pemirsaaaaah !!!!

Alamaaaakkkk, langsung aku buka deh e-mail dan yap ternyata ada !!! Semua yang aku butuhkan ada di sana, termasuk tata tertib peserta tes !!!! Omigoootttt, bego kali aku ini, kenapa gak kepikiran ngecek email. Untung masih ada waktu 1 jam, aku langsung lari keluar, tengak tengok nyari rental komputer atau warnet yang sudah atau masih buka. Aku gak bisa ambil motor karna sudah ketutup ama kendaraan lainnya, antrian masuk parkir juga sesak. Jadi aku putusin pake kaki-kaki kuat ku untuk nyari print-print.an sekitar sana.

Aku lari keluar GOR, lari ke arah timur jalan berharap fotokopian di seberang lapangan bola UNY buka, tapi ternyata masih tutup, jam 7 broooo siapa yang sudah buka? Aku pun langsung pikir butuh warnet, nyari lah sampe pintu masuk kampus UNY dan gak ada juga. Udah capek lari-lari kecil, hati malah nambah dag dig dug. Dan malaikat penolong pun lewat, cekraakkk cekraaakkk, cekraaakkk cekraaaakkk, si abang becak lewat, dia menoleh, aku melambai tanda gak pengen naik, tapi setelah 10 meter dia lewat, aku panggil deh abang becaknya.

Aku langsung nanya, ada warnet yang buka gak sekitaran sini, abangnya pun nginget-nginet, katanya ada tapi deket XXI men, jauhnya. Aku pikir, daripada lari dan gak bisa bawa motor, mending naik abang becak aja, alhasil aku naik becak dan minta abangnya untuk cepet-cepet nganter aku. Wuuuzzzzzz, melesatlah si abang becak kayak Flash superhero itu. Dan sampailah aku di sebuah warnet yang buka 24 jam, langsung turun minta si abang becak nunggu buat nganter aku lagi ke GOR UNY. Aku masuk warnet, ke bilik kosong dan langsung buka email dan download lalu print langsung. Taraaaaa, selesailah masalahnya. Aku pun langsung naik becak lagi minta diantar cepet-cepet ke GOR UNY.

Pas di becak ini, aku langsung isi biodata diri dan surat pernyataan yang udah di print, dan jangan lupa bawa materai gan, penting banget, selepas itu narsis dulu kali ya biar gak stres, soalnya ini pengalaman berharga banget buat aku. hahaha
Waktu yang aku butuhkan untuk aksi di atas sekitar 30 menit dan aku sempet ngantri untuk daftar ulang. Oya, si abang becak minta 40.000 ga ada tawar menawar, jadi langsung bayar cash deh segitu. Huhuhu, rejeki si abang becak. Mudahan barokah. hehee

Nah, langsung ke bahan tes, instruksi pertama tes tertulis di BPJS itu diminta ngisi biodata di lembar jawab, ini yang paling males deh, bukan apa-apa sih, lembar jawabnya ini ngingetin aku UAN atau sekarang yang disingkat UN, bulet-bulet pake pensil 2B, duh ya Allah, bakal pegel nih tangan. Tes tertulis selesai pada pukul 11.00 WIB.

Isi materinya itu ada pengetahuan umum, deret angka, sinonim-antonim, matematika dasar, dan sekilas tentang BPJS Kesehatan. Alhamdulillah karena sering ikut tes sana sini, jadi lumayan lah bia menjawab soal-soalnya walaupun yakinnya itu cuma 60% aja, soalnya kalo dibaca komputer, aku gak yakin bakal lolos karna bulatanku kacau balau deh. tapi, pertolongan Allah ada dan menjawab doaku untuk lolos ke tahap selanjutnya.


PSIKOTEST

Pengumuman yang lolos ke tahap psikotes ini juga gak ditentukan waktunya, jadi aku cek setiap hari info di web pdv consulting, 5 hari gak ada kabar juga, aku lupa jadinya, dan tepat hari Rabu tanggal 1 Oktober 2014 habis magrib aku ke warnet di JAGOnet, niatnya sih mau update film dan download One Piece terbaru, dan diakhir-akhir aku baru inget pernah ikut tes tertulis BPJS Kesehatan dan taraaaaaaa, kejutan lagi, ternyata ada info sejak tanggal 29 September 2014 siapa aja yang lolos, aku cek dan namaku ada di sana. Alhamdulillah, pertolongan Allah masih ada buat aku.

Yang menjadi kejutan adalah, psikotes diadakan besok pagi, hari Kamis tanggal 2 Oktober 2014 men, aku gaka da persiapan apa-apa, dan langsung buka email. Aku unduh semua keperluan psikotes yang udah dikirimin panitia, aku print deh langsung dan aku isi biodata diri yang panjang setelah selesai urusan di warnet.

Psikotest berlangsung di gedung Wanitatama jalan Solo, tetangganya UIN SUKA sama siapa ya? eh, maksudnya ... You know lah, hehe. Maaf ngelantur lagi. Pukul 07.00 WIB aku sudah di lokasi, antri masih panjang dan banyak, ada 3 gedung yang disediakan untuk psikotest dan aku milih di gedung paling barat.

Psikotest agak terganggu sedikit, karna waktu molor dari jadwal, trus banyak yang ke WC tapi Wc nya cuma tersedia sedikit, ada juga peserta tes di Semarang, malah nyasar ke Jogja ada bertiga kalo gak salah, 2 cewek dan 1 laki-laki dan mereka dinyatakan gak bisa ikut tes di Jogja sesuai instruksi dari pihak panitia, lalu ada juga yang gak membawa surat pernyataan dan materai, juga disuruh keluar gak bisa ikut psikotes. Duh, beberapa orang pun keluar karena ada yang gak bawa surat pernyataa, gak bawa materai dan gak bawa keduanya. Padahal surat pernyataan itu sudah dikumpul waktu tes tertulis pertama, gak tau kenapa panitia minta kembali yang baru.

Psikotes mulai pukul 08.30 WIB dan selesai pada pukul 12.20 WIB. Materi psikotes pertama itu tes IST, untuk mengukur intelek apa enggaknya seseoranglah, haha. Isi tes IST itu ada pengetahuan umum, antonim-sinonim, deret angka, matematika dasar, bangun ruang, dan hapalan, itu sih yang aku inget, kalo mau lebih jelas tanya mbah Google ya. Kita diberi waktu singkat untuk menjawab soal-soal per materinya, jadi harus fokus terus ya dan jangan terpaku pada soal yang susah.

IST selesai, lanjut ke tes Kraeplin, tes untuk ngukur kecepatan, ketepatan dan konsistensi kita bekerja. Jadi kita disediakan selembar deret dan baris angka yang harus kita jumlahkan, sebesar koran lah, mirip dengan tes pauli cuma kalo Kraeplin hitungnya dari bawah ke atas. nah, kalo ini perlu konsentrasi maksimal dan power ranger, eh power tangan yang kuat.

Lalu lanjut ke tes WARTEGG, Drawing a Man dan Drawing a Tree. Ketiga tes ini langsung ba bi bu, cuma 15 menit untuk ketiga tes, jadi maksimal masing-masing 5 menit untuk menyelesaikan gambar ketiganya.

Tes terakhir ini yang bener-bener diminta cepat, tes nya itu untuk ngukur kepribadian kita, aku lupa nama tes nya, kalo gak salah inget sih namanya itu tes PAPI. kita diharusin milih salah satu dari dua pernyataan yang mendekati kita, kalo jawabannya A maka lingkari tanda panah yang mendatar, kalo jawaban kita B maka lingkari tanda panah miring. Nah, apa itu namanya? hehehe,

Selesai tes, diminta absensi dan pulang, karena besok hari Jumat tanggal 03.00 diminta datang untuk wawancara. Alhamdulillah.


WAWANCARA

Pagi jam 08.00 WIB aku tiba di gedung Wanitatama, kali ini lebih santai karna waktu wawancara sudah ditentukan sesuai nomor urut sewaktu psikotes dan aku dapat jadwal jam 09.00 WIB tapi molor karena interviewer nya pada datang telat dan mulai jam 08.00 WIB yang seharusnya dimulai pukul 07.00 pagi. AKu dapat panggilan menjelang pukul 10.30 WIB dan bertemulah aku dengan interviewer cantik, muda, berhijab warna hitam dan senyam senyum cenge-ngesan. hehehe, jujur nih, mbaknya bikin aku ketir, mbaknya nunjukin kalo dia excited banget dan bertanya macam-macam.

Pertama aku diminta nunjukin ID card KTP, ijasah asli, transkip nilai dan akreditasi fakultas. Lalu dia mulai nanya seputar diri pribadi, sekolah, kuliah, pekerjaan sebelumnya, tau gak apa itu BPJS Kesehatan dan apa tugas sebagai UM (posisi yang aku lamar, kasian ya aku baru bisa melamar UM, kapan melamar wanita ya?) Hehehe. Lanjut deh ya, terus juga nanya siap apa enggak ditempatkan di luar kota atau pulau, terikat kontrak 2 tahun kalo mengundurkan diri atau dipecat selama masa kontrak, kena denda 100juta boooo. Ngeriiikkk kan....


Nah, itu aja sih yang dintanyain, kalo ada yang aku lupa dan inget lagi, nanti aku update deh.
Proses selanjutnya nunggu lagi tuh, kali ini lebih lama waktunya, cek web BPJS Kesehatan dan PDV Consulting 3 kali sehari, udah kayak minum obat aja, tetep gak keluar sampai hari Kamis tanggal 16 Oktober 2014 dan Alhamdulillah, ternyata Allah punya rencana lain buat aku yang lebih baik, Insya Allah.

Aku gak lolos ke tahap tes komputer, padahal kalo sampai tahap tes komputer, aku yakin bisa lolso ke tahap selanjutnya lagi, soalnya aku pernah bekerja di bidang terkait selama 2 tahun part time di sebuah toko di Jogja sewaktu masih semester akhir. Tapi, inilah rencana Allah. Hehehe, Aku belom dapat rejeki di BPJS Kesehatan.

Okeeee teman, kalo ada yang mau sharing atau komentar atau kritik saran dan minta tolong sesuatu, kirim aja komentar kalian di sini atau kirim email ke detyabungas@gmail.com juga bisa. Insya Allah aku siap membantu. Hehehe, Ciao Bella >>> :*

Assalamualaikum Wr Wb

Written by : Adetya M. Setiawan

27 komentar:

  1. semangat gan, semoga dapet yang lebih baik

    BalasHapus
  2. RITUAL TOGEL KI_PRANA LEWU

    Apakah anda termasuk yang tercantung di bawah ini?

    1. Di Lilit Hutang

    2. Selalu kalah Dalam Bermain

    3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi

    4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa

    kami hanya membantu anda semua dengan Angka ritual Kami>>
    angka GHOIB; singapura 2D/4D/6D/
    angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/
    angka GHOIB; malaysia 4D/6D/8D/
    angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/
    angka GHOIB; laos 4D/6D/8D/
    angka GHOIB; thailan
    angka GHOIB; macau
    angka GHOIB; sidney
    angka GHOIB; korea
    angka GHOIB; cambodia

    Jika anda Membutuhkan Angka Ghoib Hasil Ritual Ki_PRANA LEWU
    di jamin Tembus 100% Hubungi Ki_PRANA LEWU di no_0_8_2_3_4_9_3_6_5_0_4_3_ terimakasi..

    BalasHapus
  3. Tahun ini ikut lg rekrutmen ga gan..... ?

    BalasHapus
  4. iya tahun ini kan ada buka ya BPJS kesehatan hehhe

    BalasHapus
  5. maaf tanya, tempat tes untuk yang rekrutment th 2015 ada yang tau dilihat dimana tidaaaak?butuh info penting

    BalasHapus
  6. kalo untuk recruitment 2015 tahap awalnya testnya online, baru setelah itu nnti ada pengumuman buat psikotes di mana tempatnya sesuai kota yang anda pilih saat mengisi form administrasi awal

    BalasHapus
  7. Tes onlinenya seputar apa sih?kayak TPA gtu?

    BalasHapus
  8. Ada yang tau forum untuk para pendaftar bpjs kesehatan 2015 ga gan? Tks

    BalasHapus
  9. Ada yg udah tes ,aq bsk shift 2, share dunk

    BalasHapus
  10. Aku bsok shift 4 nih, boleh sharing yang uda test online ga? Sperti apa dan bgaimana model soalny..

    BalasHapus
  11. Oia btw, keren gan tulisan ente.. Masih banyak jl menuju roma.. Yang penting kite uda berusaha.. Hehe

    BalasHapus
  12. Keren gan tulisannya...tetep semangat gan...

    Selelai bpjs panjang juga ya tahap2nya...

    BalasHapus
  13. dapet shift 1 nih besok, share model soalnya dong

    BalasHapus
  14. Kata tmenku ada tes bahasa inggris sm tpa

    BalasHapus
  15. yaa gw besok shift 1 Jam 7-10 pagi :( dan terima kasih om tulisan nya..yang pengen sharing untuk test add line gw @oppanoe

    BalasHapus
  16. Tes nya ada 3, tes intelegensia ,tes b.inggris ,tes TPA , klo prnh ikut tes bpjs ketenagakerjaan soal tes intelegensia nya sm persis ada 4 subtes ,karna phk yg nyelenggarain tes nya sm skrg dari PPM , cm ada tmbhn bhs inggris & TPA ! Semoga sukses

    BalasHapus
  17. yg mau tes online entar.....semangaattt yaa.. aku shift 2 jam 10-13.00 WIB... tp aku kan ada di sulawesi,, jd menyesuaikan wktu di jawa,, so nunggu jm 11.00 WITA

    BalasHapus
  18. Yang udah test online bpjs kesehatan sharing dong testnya kyak gimana...mksih

    BalasHapus
  19. ada yang berhasil lolos ke seleksi tes online ga ? terus nanti ada tes psikoter tertulis di STIM YKPN ?

    BalasHapus
  20. terimakasih mas, tulisannya membuat saya lebih bersemangat sebagai jobseeker hehehe

    BalasHapus
  21. ada yg psikotest di UNAIR Surabaya g?

    BalasHapus
  22. assalamualaikum mas, makasih banget tulisannya sangat bermanfaat buat aku. aku mau nnya nih, pada wawancara user ada sesi yang kita di suruh pake bahasa inggris atau nulis paragraf pake inggris gitu gak? besok aku wawancara user nih, mohon doa dan pencerahannya hehee

    BalasHapus
  23. Untuk tes online bpjstk seputar apa aja ya soalnya? Mohon di share in pengalaman2 nya yg pernah tes di bpjs. Tks

    BalasHapus