Like Us

Rabu, 20 Maret 2013

13 Koleksi Mobil Mewah Ir. Soekarno


Sebagai seorang yang mengukir sejarah dalam berdirinya negara Republik Indonesia ini, Soekarno menjelma dan terus hidup dalam pribadi rakyat Tanah Air ini.

Begitu juga dengan beberapa peninggalan beliau, tidak terkecuali deretan mobil klasik yang pernah dikendarainya dan orang terdekatnya. Kharisma yang melekat pada dirinya, tak lekang hilang oleh zaman, lantaran masih tersisa dalam kenangan mobil-mobil peninggalannya.

Ada banyak mobil pribadi maupun kepresidenan yang beliau miliki, namun ada beberapa yang masih bisa terlacak bahkan terawat dengan baik.

Berikut beberapa mobil-mobil klasik peninggalan sang Proklamator yang masih ada:

1. Buick 8


Buick limited edition lansiran tahun 1938. Menurut sejarah,Buick 8 adalah mobil kepresidenan pertama Republik Indonesia yang didapat dari hasil rampasan penjajah Jepang.

Mobil Buick-8, buatan Buick adalah mobil kepresidenan Republik Indonesia yang pertama digunakan setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, digunakan mulai tahun 1945 hingga 1949.

Mobil ini bertipe limited-8, mobil keluaran utama Buick yang diproduksi pada tahun 1939. Mobil klasik ini dipersenjatai dengan mesin 320 ci atau 5.247 cc.

Memiliki 8 silinder dan 2 katup di setiap silindernya. Mobil klasik ini mampu mengeluarkan tenaga yang dapat mencapai angka 141 hp pada 3600 rpm. Edisi terbatas ini hanya diproduksi sekitar 1.451 unit saja di dunia.

2. Chrysler Imperial


Chrysler Imperial milik sang Proklamator ini lansiran tahun 1938. Sedangkan untuk periode produksinya sendiri berlangsung dari 1937 hingga 1939.

Mobil bernomor polisi B 9105 yang bersejarah ini, masih terdapat cacat di spatbor kiri mobil dan kaca belakangnya. Keadaan ini tetap dipertahankan sebagai bukti sejarah 'Peristiwa Cikini'.

Waktu itu, ketika Presiden Soekarno menjemput anak-anaknya yang bersekolah di Perguruan Cikini, mobil ini selamat dari ledakan granat yang dilemparkan orang yang tak dikenal. 

Mobil berjenis limousine ini memiliki 4 buah pintu. Mengusung mesin 5.3 L yang bertenaga 130 hp yang bertransmisi manual 3-percepatan.

3. Cadillac 48


Cadillac lansiran 1948 pernah menjadi salah satu koleksi mobil sang Proklamator, Soekarno.

Cadillac ini merupakan mobil produksi generasi ketiga yakni tahun 1948 hingga 1949. Mobil berpintu 4 buah ini tergolong dalam mobil sedan.

Mesinnya menggunakan 5.7 L V8 monobloc dan 5.4 L OHV V8. Untuk transmisi juga tersedia dalam dua tipe yakni manual 3-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Di dunia, Cadillac ini juga terkenal dengan sebutan Cadillac Sixty Special. Lantaran menggunakan platform produksi tipe Series 60.

4. Chaika Gaz 13


Salah satu mobil pabrikan asal Rusia yang pernah digunakan oleh Soekarno yakni Chaika GAZ 13.

Mobil klasik ini diproduksi dari tahun 1959 hingga 1981. Chaika GAZ 13 dibekali mesin M13 5.5 L V8 yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 195 hp. Dilengkapi pula dengan transmisi otomatis 3-percepatan.

Sedangkan generasi keduanya diproduksi tahun 1977-1988 yang berganti basis mesin menjadi M14.

5. Chrysler Crown Imperial


Kemungkinan besar jika melihat pada bentuk grill dan bumper depan, Chrysler Crown Imperial koleksi Soekarno ini lansiran tahun 1962 hingga 1964. Namun ada yang menyebutkan secara pasti lansiran tahun 1963.

6. Chrysler Windsor


Chrysler Windsor Limousine lansiran 1947 milik Soekarno ini diproduksi dari tahun 1939 hingga tahun 1961. Dan berlanjut dari tahun 1961 hingga 1966, namun hanya berlaku untuk Canada saja.

Chrysler Windsor 1947 ini dibekali dengan mesin 250.6 CID L-head yang bertenaga 114 hp serta dilengkapi dengan transmisi manual 4-percepatan.

7. DeSoto 1942


Mobil DeSoto keluaran 1942 ini digunakan wakil presiden RI, Mohammad Hatta. Mobil ini diproduksi dari tahun 1929 hingga tahun 1942, produk terakhirnya ini.

DeSoto merupakan mobil hadiah dari pengusaha Djohan Djohor, pengusaha sukses di Jakarta masa itu. Mobil inilah yang digunakan Mohammad Hatta dalam melaksanakan jabatannya sebagai Wakil Presiden baik di Jakarta maupun Yogyakarta.

8. Mercedes Benz 600


Mobil mewah yang pernah menjadi salah satu koleksi Soekarno yakni Mercy 600. Diperkirakan Mercy miliknya ini lansiran tahun 1960-an pasalnya beliau wafat tahun 1970.

Sedangkan masa produksi Mercy 600 ini berlangsung hingga tahun 1981. Sebagai orang nomor satu di Indonesia, layaklah jika sang Proklamator menyandang mobil elit ini dalam mengemban tugas kenegaraannya.

Mercy ini dipersenjatai dengan mesin 6.3 L V8 yang mampu menghasilkan tenaga 250 hp pada 4000 rpm, sedangkan torsi puncak mencapai angka 500 Nm pada 2800 rpm.

Mercy ini juga dilengkapi dengan transmisi otomatis 4-percepatan. Bodinya yang panjang menggolongkan Mercy 600 ini ke dalam kelas limousine. Berkembang hingga sekarang dengan varian Pullman-nya, bisa dikatakan inilah cikal bakal Mercy Pullman.

9. Morris Mini Cooper


Mobil klasik yang terlihat mini (kecil) ini memiliki julukan yang sama yakni MINI. Morris Mini Cooper merupakan mobil asal pabrikan Inggris yang bernama British Motor Corporation.

Mini milik Soekarno ini menjadi produk suksesor yang diproduksi dari tahun 1959 hingga tahun 2000. Mini era 50-an ini tersedia beberapa varian mesin antara lain; 0.9 L, 1.0 L dan 1.3 L. Serta hanya terdiri dari 2 pintu saja, mengingat bentuk bodinya yang 'mini'.

10. Oldsmobile 98


Oldsmobile 98 milik Soekarno ini merupakan model tahun 90-an yang diproduksi dari tahun 1940 dan mampu bertahan hingga tahun 1996.

Desain Oldsmobile 98 ini sendiri oleh General Motors, mendapatkan sumbangsih platform C-body dari Buick danCadillac.

Oldsmobile Soekarno diperkirakan merupakan pabrikan dari generasi yang kelima yakni pada tahun 1961-1964. Hal tersebut didasarkan pada bentuk bumper depan yang memang cenderung mewakilkan produk generasi kelima.

11. Lincoln Cosmopolitan


Lincoln Cosmopolitan merupakan mobil mewah pada waktu itu yang diproduksi oleh perusahaan mobil Ford. Lincoln milik Soekarno ini diperkirakan produksi generasi pertama.

Mobil klasik ini diproduksi pada tahun 1948 hingga 1954. Mobil ini mengusung mesin 5.5 L V8 bertenaga 152 hp. Pada waktu itu sudah berteknologi transmisi otomatis yang mendapatkan sokongan teknologi dari General Motors.

12. Zil 111

Zil 111 merupakan mobil yang pernah dimiliki oleh Soekarno, mobil ini pabrikan Rusia. Diperkenalkan pertama kali pada tahun 1958.

Zil ini dibekali dengan mesin 6L V8 yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 200 hp dengan top speed mencapai 170 kpj.

Zil 111 menjadi basis produksi mobil Zil selanjutnya, yakni dengan keluarnya versi 111A, 111V, 111G dan 111D.

13. Ford Thunderbird


Ford Thunderbird berwarna merah ini merupakan juga milik Soekarno yang diberikan kepada Dewi Soekarno.

Dewi Soekarno adalah istri Soekarno yang berasal dari Jepang. Bernama lengkap Ratna Sari Dewi Soekarno dengan nama aslinya Naoko Nemoto.


2 komentar:

  1. INTERNATIONAL CONCEPT OF WORK FROM HOME
    Work from home theory is fast gaining popularity because of the freedom and flexibility that comes with it. Since one is not bound by fixed working hours, they can schedule their work at the time when they feel most productive and convenient to them. Women & Men benefit a lot from this concept of work since they can balance their home and work perfectly. People mostly find that in this situation, their productivity is higher and stress levels lower. Those who like isolation and a tranquil work environment also tend to prefer this way of working. Today, with the kind of communication networks available, millions of people worldwide are considering this option.

    Women & Men who want to be independent but cannot afford to leave their responsibilities at home aside will benefit a lot from this concept of work. It makes it easier to maintain a healthy balance between home and work. The family doesn't get neglected and you can get your work done too. You can thus effectively juggle home responsibilities with your career. Working from home is definitely a viable option but it also needs a lot of hard work and discipline. You have to make a time schedule for yourself and stick to it. There will be a time frame of course for any job you take up and you have to fulfill that project within that time frame.

    There are many things that can be done working from home. A few of them is listed below that will give you a general idea about the benefits of this concept.

    Baby-sitting
    This is the most common and highly preferred job that Women & Men like doing. Since in today's competitive world both the parents have to work they need a secure place to leave behind their children who will take care of them and parents can also relax without being worried all the time. In this job you don't require any degree or qualifications. You only have to know how to take care of children. Parents are happy to pay handsome salary and you can also earn a lot without putting too much of an effort.

    Nursery
    For those who have a garden or an open space at your disposal and are also interested in gardening can go for this method of earning money. If given proper time and efforts nursery business can flourish very well and you will earn handsomely. But just as all jobs establishing it will be a bit difficult but the end results are outstanding.

    Freelance
    Freelance can be in different wings. Either you can be a freelance reporter or a freelance photographer. You can also do designing or be in the advertising field doing project on your own. Being independent and working independently will depend on your field of work and the availability of its worth in the market. If you like doing jewellery designing you can do that at home totally independently. You can also work on freelancing as a marketing executive working from home. Wanna know more, email us on workfromhome.otr214426@gmail.com and we will send you information on how you can actually work as a marketing freelancer.


    Internet related work
    This is a very vast field and here sky is the limit. All you need is a computer and Internet facility. Whatever field you are into work at home is perfect match in the software field. You can match your time according to your convenience and complete whatever projects you get. To learn more about how to work from home, contact us today on workfromhome.otr214426@gmail.comand our team will get you started on some excellent work from home projects.


    Diet food
    Since now a days Women & Men are more conscious of the food that they eat hence they prefer to have homemade low cal food and if you can start supplying low cal food to various offices then it will be a very good source of income and not too much of efforts. You can hire a few ladies who will help you out and this can be a good business.

    Thus think over this concept and go ahead.

    BalasHapus
  2. hey, thanks dude for the information. i appreciate that. nice.

    BalasHapus