Like Us

Jumat, 22 Maret 2013

Cara Mengatasi Rasa Malu Dengan Cara Yang Benar dan Mudah


Beberapa saran yang diberikan oleh berbagai ahli hubungan tidak bekerja. Beberapa dari kita telah menemukan diri kita sendiri ternyata ‘gagal’ untuk mengikuti saran mereka dan kemudian bertanya-tanya, ‘Apa yang saya lakukan salah’. Tapi, yang cacat itu adalah sarannya, bukan kita.

Seringkali saran membuat asumsi dasar tentang sifat manusia yang melenceng. Jika asumsi dasar yang salah maka saran tidak akan bekerja, tidak peduli seberapa cerdas atau membantunya saran itu.

Banyak saran yang membuat asumsi bahwa apa yang memblok orang untuk menciptakan hubungan yang baik adalah kurangnya kepercayaan diri. Meskipun ada beberapa kebenaran dalam hal ini, saran terbuang setelah itu. Mereka menganggap ini semacam ‘ketakutan’, atau ‘kegelisahan’. Mereka menganggap ‘rasa malu’ hanyalah sebuah bentuk ketakutan. Itu tidak benar.


Apa yang ada di balik rasa malu bukanlah rasa ‘takut’, apa yang ada di balik rasa malu sebenarnya ‘rasa malu’. Rasa malu bukan rasa takut, tapi merupakan rasa’malu’. Rasa malu adalah perasaan rendah diri. Harga diri yang rendah akan sering menyamar sebagai ketakutan, kemarahan, kepahitan, dendam, dan sebagainya. Jika ini kasusnya, maka mencoba untuk mengatasi masalah (yakni sikap takut atau marah) tidak akan berhasil.

Mencoba untuk menangani ketidaksesuaian isu sebenarnya dapat merusak, karena kita dapat menjadi ‘gagal’ dan rasa harga diri tenggelam bahkan lebih rendah.

Ada sebuah contoh. Ini adalah saran yang diberikan oleh salah satu ahli terkemuka (yang biasanya memberikan nasihat yang baik) untuk mengatasi ‘takut di sekitar perempuan. Dia menyarankan bahwa laki-laki pergi ke pusat perbelanjaan lokal mereka dan berjalan ke setiap wanita menarik yang mereka lihat dan (setelah berbicara dengannya selama beberapa menit) meminta nomor teleponnya.

Nasihat ini akan terdengar sederhana, atau hanya mengerikan, tergantung pada apakah Anda seorang pria pemalu atau tidak. Hal ini seharusnya membantu pria mengatasi ketakutan. Namun, banyak pria pemalu akan membaca saran ini dan tahu bahwa mereka tidak bisa melakukannya. Rasa rendah harga diri akan menendang, mengisinya dengan kecemasan, dan memblokir mereka. Atau, mereka mungkin mencoba dan jatuh.

Mereka baru saja diberitahu bahwa ‘takut’ adalah akar dari masalah mereka. Kelihatannya ketakutan adalah masalah karena mereka merasa sangat gelisah bahkan ketika berpikir tentang bertindak sesuai nasihat, apalagi untuk mencobanya. Mereka kemudian diam-diam menganggap bahwa mereka adalah ‘pengecut’, karena tidak mampu mengatasi ketakutan mereka. Mereka akhirnya merasa benar-benar buruk tentang diri mereka sendiri.

Kehadiran kecemasan bukan berarti rasa takut adalah masalah! Rasa kecemasan hanyalah sebuah ‘peringatan ringan’ bahwa ada sesuatu yang lebih dalam. Ini adalah tanda bahwa bagian dari kita yang merasa terancam dan membutuhkan perlindungan. Dan, mungkin itu benar! Mungkin kita perlu mendengarkan dan mencari tahu …

Kecemasan sebenarnya merupakan bentuk kebijaksanaan. Daripada mencoba untuk menghancurkan jalan kita melalui itu, atau mencoba dan mengabaikannya, kita perlu berupaya sedikit.

Salah satu cara untuk mengelola situasi kita menemukan takut adalah dengan menggunakan imajinasi kita untuk bekerja di dalamnya sebelum mencobanya secara nyata.

Mulai:

1. Bayangkan diri Anda dalam situasi

2. Terima perasaan takut / cemas yang datang – tanpa mencoba untuk membuat mereka pergi.

3. Amati apakah ada perasaan malu, atau perasaan yang tidak layak dari apa yang Anda inginkan, atau bahwa Anda tidak memiliki hak untuk berhasil.

4. Bertanya pada diri sendiri jika ada hal yang perlu Anda lakukan untuk merasakan sedikit tidak takut dan lebih layak. (Jangan khawatir jika Anda menggambar kosong pada awalnya).

5. Membayangkan kemungkinan bahwa Anda bisa menemukan cara yang baik untuk menangani situasi. Apakah itu membantu? Jika tidak, tanyakan diri Anda apakah ada cara lain untuk mencapai hasil yang Anda inginkan.

6. Bagaimana perasaan Anda ketika Anda dapat menangani situasi seperti yang Anda ingin? Bagaimana itu membuat hidup Anda berbeda?

Ambil beberapa napas dalam-dalam dan kembali ke ‘Mulai’. Ulangi beberapa kali untuk melihat apa yang membantu Anda mengatasi rasa takut dan rasa malu.

Dalam melakukan ini, Anda mungkin menemukan bahwa proses tersebut tampaknya jalan di tempat, atau Anda mungkin menemukan bahwa ketakutan Anda hilang, Anda merasa hebat tentang diri Anda dan Anda tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya. Sebagian besar dari kita akan mengalami sesuatu di antara kedua hal ekstrem itu.

Dalam melakukan hal ini Anda membuat hubungan yang lebih sehat dengan diri sendiri – tidak peduli apa hasilnya. Anda memberi pesan halus untuk diri batin Anda yang Anda ingin berupaya dengan itu daripada berjuang dengan diri sendiri. Jika Anda menggunakannya beberapa kali, proses ini akan memungkinkan Anda untuk memasuki kebijaksanaan Anda sendiri dan membangun rasa harga diri. Hal ini pada gilirannya akan membantu Anda merasa lebih baik tentang diri Anda dan membuat Anda merasa lebih percaya diri dan rasa takut jauh lebih sedikit atau berkurangnya kecemasan dalam situasi sosial.

Dengan cara ini Anda dapat mengatasi rasa malu dan gejala ketakutan, kecemasan dan kurang percaya diri. Dengan cara ini Anda dapat mengatasi masalah yang sebenarnya.


3 komentar:

  1. saya coba share juga di www.womenmagnet.com

    BalasHapus
  2. maaf gan baru bisa balas, baru on kembali nih dari hibernasi. hehe

    iya gan, makasih ya, boleh nah nanti share ke sana.

    BalasHapus
  3. Sangat membantu sekali artikelnya

    BalasHapus