Like Us

Sabtu, 30 Maret 2013

Keutamaan dan Kemuliaan Bulan Rajab


Bulan Rajab menjadi momen penting bagi umat Islam. Bulan yang memiliki berbagai keistimewaan ini hendaknya jangan diabaikan begitu saja. Orang yang banyak beribadah di dalamnya mendapat imbalan pahala yang dilipatgandakan, Allah menyediakan syurga bagi orang yang berbuat kebajikan.

Bulan ini termasuk bulan magfiroh yakni bulan keampunan. Rasulullah mengingatkan agar umat Islam merebut keutamaan bulan ini.

Rasulullah SAW bersabda, "Ketahuilah bahwa bulan Rajab berada dalam urutan bulan suci, maka barang siapa yang berpuasa satu hari di bulan ini dengan ikhlas, akan mendapat keridoan yang sangat besar dari Allah SWT. Siapa yang berpuasa tanggal 27 Rajab (IsrakMikraj) Insya Allah jatuh 11 Agustus mendatang, akan mendapatkan pahala seperti lima tahun berpuasa. Siapa yang berpuasa dua hari di bulan ini akan mendapat kemuliaan di sisi Allah. Orang yang berpuasa tiga hari yaitu pada tanggal 1, 2, dan 3 Rajab (16,17,18 Juli ) maka Allah SWT akan memberikan pahala seperti 900 tahun berpuasa dan menyelamatkannya dari bahaya dunia dan siksa akhirat.

Keutamaan lainnya, barang siapa berpuasa lima hari dalam bulan ini, Insya Allah permintaannya akan dikabulkan Allah swt. Barang siapa berpuasa tujuh hari dalam bulan ini, maka ditutupkan tujuh pintu neraka jahanam dan barang siapa berpuasa delapan hari maka akan dibukakan delapan pintu syurga. Kemudian siapa berpuasa lima belas hari dalam bulan ini, maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan menggantikan semua kejahatannya dengan kebaikan, dan barang siapa yang menambah (hari-hari puasa) maka Allah SWT akan menambahkan pahalanya. Rasulullah bersabda: "Pada malam Mi'raj, saya melihat sebuah sungai yang airnya lebih manis dari madu, lebih sejuk dari air batu dan lebih harum dari minyak wangi, lalu saya bertanya pada Jibril as "Wahai Jibril untuk siapakah sungai ini?" Maka berkata Jibrilb As "Ya Muhammad sungai ini adalah untuk orang yang membaca salawat untuk engkau di bulan Rajab ini."

Dalam sebuah riwayat, Tsauban bercerita :"Ketika kami berjalan bersama-sama Rasulullah SAW, ke sebuah kubur, lalu Rasulullah berhenti dan beliau menangis dengan amat sedih, kemudian beliau berdoa kepada Allah SWT.

Lalu saya bertanya kepada beliau "Ya Rasulullah, mengapakah engkau menangis?" Lalu beliau bersabda "Wahai Tsauban, mereka itu sedang disiksa dalam kuburnya dan saya berdoa kepada Allah , lalu Allah meringankan atas mereka."

Sabda beliau lagi "Wahai Tsauban, kalaulah sekiranya mereka ini mau berpuasa satu hari dan beribadah satu malam saja di bulan Rajab niscaya mereka tidak akan disiksa di dalam kubur."Tsauban bertanya "Ya Rasulullah, apakah hanya berpuasa satu hari dan beribadah satu malam dalam bulan Rajab sudah dapat mengelakkan dari siksa kubur?"

Sabda beliau "Wahai Tsauban, demi Allah zat yang telah mengutus saya sebagai nabi, tiada seorang muslim lelaki dan perempuan yang berpuasa satu hari dan mengerjakan sholat malam sekali dalam bulan Rajab dengan niat karena Allah SWT, kecuali Allah mencatatkan baginya seperti berpuasa satu tahun dan mengerjakan sholat malam satu tahun."


Bulan Rajab merupakan penanggalan Hijriyah, Bulan Rajab adalah bulan ke- 7 pada penanggalan Hijriyah ini. Dalam hadist Rasulullah SAW, ada beberapa poin tentang keistimewaan bulan Rajab, dan inilah beberapa poin keistimewannya tersebut:

1. Hendaklah kamu memuliakan bulan Rajab, niscaya Allah memuliakan kamu dengan seribu kemuliaan di hari Qiamat.

2. Kelebihan bulan Rajab dari segala bulan ialah seperti kelebihan Al-Quran keatas semua kalam (perkataan).

3. Puasa sehari dalam bulan Rajab seumpama puasa empat puluh tahun dan diberi minum air dari syurga.

4. Bulan Rajab Syahrullah (bulan Allah), diampunkan dosa orang-orang yang meminta ampun dan bertaubat kepada-Nya. Puasa dalam bulan Rajab, wajib bagi yang ber puasa itua.Diampunkan dosa-dosanya yang lalu. Dipelihara Allah umurnya yang tinggal.Terlepas daripada dahaga di akhirat.
5. Puasa pada awal Rajab, pertengahannya dan pada akhirnya, seperti puasa sebulan pahalanya.

6. Siapa bersedekah dalam bulan Rajab, seperti bersedekah seribu dinar,dituliskan kepadanya pada setiap helai bulu roma jasadnya seribu kebajikan, diangkat seribu derjat, dihapus seribu kejahatan – “Dan barang siapa berpuasa pada tgl 27 Rajab/ Isra Mi’raj akan mendapat pahala seperti 5 tahun berpuasa.”

7. Bulan Rajab bulan Allah, bulan Sya’ban bulanku, dan bulan Ramadhan bulan umatku.
Kemuliaan Rajab dengan malam Isra’ Mi’rajnya, Sya’ban dengan malam nisfunya dan Ramadhan dengan Lailatul-Qadarnya.

8. Puasa sehari dalam bulan Rajab mendapat syurga yang tertinggi (Firdaus).Puasa dua hari dilipatgandakan pahalanya.

9. Puasa 3 hari pada bulan Rajab, dijadikan parit yang panjang yang menghalangnya ke neraka (panjangnya setahun perjalanan).

10. Puasa 7 hari pada bulan Rajab, ditutup daripadanya 7 pintu neraka.

11. Puasa 16 hari pada bulan Rajab akan dapat melihat wajah Allah di dalam syurga, dan menjadi orang yang pertama menziarahi Allah dalam syurga.


2 komentar:

  1. banyak peristiwa penting yg terjadi di bulan ramadhan. pertama kali diturunkan alquran, terjadinya perang badar, ada satu hari yg lebih bgus dari seribu bulan. dll
    mudahan kita menpadtkan berkah di bulan ramadhan.

    BalasHapus
  2. aamiin ya Rabbal Alamiin ..
    makasih gan,

    Bulan Ramadhan memang penuh berkah, penuh keajaiban. banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memperbanyak amal dan mengurangi perbuatan dosa. Smoga qta menjadi hambaNYA yang semakin hari semakin lebih baik dan diterima segala amal ibadah kita. Aamiin.

    Maaf ya gan baru bisa balas, barokallah ...

    BalasHapus