Like Us

Selasa, 05 Maret 2013

Preview El Clasico di La Liga, Kekalahan Kedua Beruntun Dalam Sepekan Atas Madrid

Messi, Iniesta dan Alves

Lagi-lagi Barcelona harus tumbang oleh rival abadi untuk kali kedua secara berturut-turut dalam waktu yang kurang dari empat hari. Bermain di Santiago Bernabeu pada Sabtu (2/3) malam WIB, tuan rumah berhasil menundukkan tamunya 2-1.

Dengan semangat dan kepercayaan diri tinggi pasca menang di EL Clasico jilid I tahun 2013, El Real langsung membuat pendukungnya bersorak di menit ke-5 lewat gol Karim Benzema setelah menerima umpan matang Morata.

Namun Messi berhasil menyamakan kedudukan di menit 17. Peraih empat kali Ballon d’Or ini terlepas dari perangkap offside pertahanan Madrid kemudian mencoba untuk melewati hadangan Ramos sebelum akhirnya menendang bola datar ke arah kiri gawang Lopez dengan kaki kirinya. Gol ini sekaligus menyamakan rekor gol terbanyak di El Clasico yaitu Di Stefano dengan 18 gol.

Messi setelah gagal memanfaatkan peluang gol

Messi bisa saja membalikkan keadaan pada menit 32. Berawal dari serangan David Villa di sisi kiri, pemain nomor punggung 7 itu kemudian melepaskan umpan pada Messi di depan kotak penalti. Pemain mungil ini menendang bola dengan kaki kanannya ke gawang Diego Lopez. Sayang kaki kanannya belum sekuat kaki kirinya, bola pun dengan mudah ditangkap Lopez. Skor masih sama kuat 1-1.

Morata punya peluang bagus untuk membuat Madrid unggul lima menit berselang, pemain yang mengisi posisi CR7 ini nyaris menjebol gawang Valdes. Morata yang berada di tiang jauh melepaskan sundulan dari sisi kanan pertahanan Barca dan untungnya sundulan itu masih menyamping di kanan Valdes. Babak pertama pun berakhir dengan skor imbang 1-1.

Di babak kedua, Mourinho bergerak cepat dengan memasukkan Cristiano Ronaldo dan Khedira. Perubahan yang tepat bagi kubu tuan rumah. Pemain nomor 7 Madrid langsung mendapat peluang melalui tendangan bebas di menit 66. Tendangan kerasnya itu masih bisa ditepis Valdes yang menjadi kapten Barca pada pertandingan tersebut.

Pique Bisikin apa ya ke Iniesta?

Jordi Roura yang berada di pinggir lapangan masih belum juga melakukan pergantian pemain hingga laga hampir menyisakan 20 menit lagi. Padahal, hasil seri 1-1 saat itu masih sangat riskan bagi tim tamu yang keadaannya sedang tertekan dengan serangan-serangan balik cepat Madrid. Entah ini keputusan benar, entah ini keputusan salah, Roura memasukkan Alexis di menit 67 menggantikan David Villa. Kemudian Pedro keluar digantikan dengan Adriano pada menit 77, semua orang pun berpikir ‘perjudian’ apa yang akan dilakukan Roura.

Sementara di tengah lapangan pada menit yang sama 77, Morata hampir saja membuat gol perdananya di El Clasico. Tinggal berhadapan dengan Valdes, sepakan Morata masih bisa ditepis penjaga gawang nomor 1 Barca itu keluar lapangan.

Petaka bagi Barca pun terjadi di menit 81. Tuan rumah akhirnya bisa unggul kembali lewat sundulan mematikan dari Sergio Ramos. Menerima umpan yang matang dari Luka Modric lewat tendangan penjuru, Ramos berhasil mengalahkan Pique pada duel udara dan dengan tenang ‘meletakkan’ bola di jala Valdes. 2-1 tuan rumah unggul dan Santiago Bernabeu pun bersorak.

Pada waktu yang hanya menyisakan 5 menit, Roura baru memasukkan penyerang murni Critian Tello dalam keadaan tertekan dan tertinggal. Tak lama kemudian, CR7 nyaris saja mencetak gol jika tendangan bebasnya tidak dihadang oleh mistar gawang. Aksi bola muntah yang dimanfaatkan Essien juga gagal karena melenceng dari sasaran.

Adriano berusaha menerobos kawalan Ramos dan Arbeloa
Di menit-menit ‘setan’, Barca membuat serangan di sisi kiri pertahanan Madrid. Adriano yang mendapat oporan dari Alves mencoba masuk ke kotak penalti Madrid. Sayangnya ada sedikit kontak dari kapten tim lawan. Wasit yang memimpin pertandingan itu seolah tak melihat akan hal itu dan tetap melanjutkan pertandingan. Hampir semua pemain Barca yang melihat dengan jelas kontak kaki tersebut memprotes keputusan wasit. Hasilnya, Iniesta mendapat ganjaran kartu kuning. Hingga peluit panjang skor tidak berubah untuk kemenangan tuan rumah dengan skor 2-1. Setelah laga selesai, Victor Valdes Arribas selaku pemimpin tim Barca saat itu memprotes dengan cukup keras atas keputusan wasit yang tidak memberi penalti kepada Barca. Sayangnya wasit hanya menganggap ‘angin lalu’ dan menghadiahi Valdes dengan kartu merah. Walaupun kalah, The Catalans masih menduduki singasana Liga Spanyol dengan selisih tinggal 13 poin dari tim ibukota itu.

Terjadi Sedikit Keributan dan Protes Valdes di Akhir Laga

Susunan pemain:

Real Madrid: Lopez, Ramos, Varane, Pepe, Coentrao (’69 Arbeloa), Modric, Essien; Callejon, Kaka (’58 Khedira), Morata, Benzema (’58 Ronaldo)

Barcelona: Valdes, Pique, Alves, Mascherano, Alba, Thiago (’85 Tello), Busquets, Iniesta, Pedro (’77 Adriano), Villa (’67 Alexis) , Messi

Pencetak Gol:

Real Madrid: Benzema ’5, Ramos ’81

Barcelona: Messi ’17


Tidak ada komentar:

Posting Komentar