Like Us

Sabtu, 23 Februari 2013

Cara Mengatasi Stres Dengan Langkah Yang Mudah

Gaya hidup sibuk kita penuh dengan kewajiban yang membebani pundak kita setiap hari, seperti tuntutan pekerjaan, komitmen keuangan, pendidikan, atau tanggung jawab menjaga keluarga. Kita sering mencemaskan hal yang paling umum dalam kehidupan kita sehari hari, namun begitu sulit untuk menemukan pengobatan untuk stres.


Stres adalah penyebab dari banyak penyakit, seperti insomnia, sindrom iritasi usus besar, kelelahan, hipertensi, alkoholisme atau depresi. Untungnya, ada banyak metode untuk mengobati stres sendiri, dari kenyamanan rumah Anda sendiri, dan tanpa membayar banyak uang untuk seorang profesional, atau menggunakan obat-obatan medis. Nah, bagaimana menyembuhkan stres dengan cara yang mudah? Berikut langkah-langkah yang harus dijalankan, cekidot gan ...

1. Mengidentifikasi penyebab stres dalam hidup Anda


Pengobatan untuk stres dimulai dengan menemukan akar masalah, sama seperti ketika Anda pergi ke dokter gigi dan mereka mencari tahu mengapa gigi Anda sakit.

Anda dapat melakukan ini sendiri. Hanya mengambil selembar kertas, dan tuliskan segala sesuatu dalam hidup Anda yang membuat Anda cemas dan tidak bahagia. Sejujur yang Anda bisa dan pasti sangat teliti. Jangan takut untuk menambahkan hal-hal seperti ‘mengantar anak-anak ke sekolah’ atau ‘mendengarkan masalah pekerjaan pasangan saya’. Ini tidak membuat Anda menjadi orang yang buruk. Untuk menyembuhkan stres, Anda perlu mulai pada sebuah perjalanan untuk mengenal diri sendiri dan perasaan batin Anda.

2. Temukan kekuatan dan kehendak kuat untuk melakukan perubahan


Setelah Anda telah mengidentifikasi segala sesuatu dalam hidup Anda yang memicu stres, buat keputusan untuk mulai perjalanan membuat perubahan yang diperlukan untuk memperbaiki hidup Anda dari hari ini. Anda tidak perlu sendirian dalam hal ini. Bicarakan dengan keluarga dan teman-teman, dan mencari dukungan dan saran.

3. Menjadi proaktif dalam pengobatan Anda untuk stres


Mulai bertindak untuk menghilangkan stres dalam hidup Anda hari ini. Jika stres Anda terkait kerja, pertimbangkan untuk mengambil liburan atau bahkan ganti pekerjaan. Untuk masalah hubungan, cobalah untuk membicarakannya dengan pasangan Anda dan mencari solusi bersama. Kadang-kadang berbicara tentang masalah sensitif di atas tempat tidur dapat melakukan keajaiban.

Berurusan dengan stres adalah sesuatu yang harus kita lakukan setiap hari. Sayangnya, kehidupan terus melemparkan tantangan, dan kita harus menemukan kekuatan dan kemauan untuk mengatasi mereka semua, sementara tetap sehat dan bahagia. Ambil langkah-langkah kecil setiap hari dalam membuat hal-hal yang lebih baik dalam hidup Anda, sehingga ketika tantangan berikutnya datang, Anda lebih kuat dan siap.

4. Pengendalian diri dan meditasi


Masalah kecemasan sering disebabkan oleh ketidakmampuan kita untuk menangani masalah. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk melatih pengendalian diri dan meditasi secara teratur. Di antara beberapa teknik manajemen stres terbaik adalah berolahraga, berlatih yoga, mendengarkan musik, memasak, tertawa atau hanya bersantai.

5. Lawan stres dengan senyum


Hanya ada satu pengobatan ampuh untuk stres, dan itu adalah kekuatan menjalani hidup dengan senyum di wajah Anda, tidak peduli seberapa keras segala sesuatunya. Para ahli berpikir bahwa tertawa merupakan salah satu kegiatan paling sehat yang bisa dilakukan, yang menciptakan perisai terhadap masalah dalam hidup.


Bonus Biar Gak Tambah Stress












15 komentar:

  1. Balasan
    1. sip, samasamasa :) dipraktekkan lebih baik loh. hehe

      Hapus
  2. stres adalah salah satunya kerjaan yg menumpuk sangaat banyak dan harus selesai secepatnya itulah yg membikin stres :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap, benar sekali. Meskipun kecil, klo kepikiran pasti akan menumpuk dan membuat gelisah. saat gelisah, pikiran dan perasaan menjadi tidak sinkron sehingga bisa menyebabkan stres dalam hal perilaku, perkataan atau pikiran. Jadi, manage lah waktu dan kegiatan dengan baik :)

      Hapus
  3. Balasan
    1. okeeee, smoga memuaskan :) silakan mampir di artikel lainnya ya.

      Hapus
  4. Balasan
    1. apa atau siapa nih yang keren? Atau mungkin dua2nya keren ya. hehe *narsis dikit*

      Hapus
  5. Balasan
    1. alhamdulillah, mudahan bisa memberikan pencerahan :)

      Hapus
  6. Terima Kasih untuk semua pengunjung dan komentator yang telah mampir. Smoga sukses slalu untuk kalian :) God bless you all aamiin

    BalasHapus