Like Us

Rabu, 13 Februari 2013

Karakter Utama Straw Hat Pirates dalam One Piece



Hai Rekan Bungas OP Lovers, Ini adalah tulisan pertama saya untuk One Piece. Seperti yang kita ketahui, Kru Mugiwara no Luffy alias Luffy si Topi jerami merupakan karakter utama dalam anime dan manga One Piece yang merupakan Mahakarya dari sang jenius Eiichiro Oda. Kru Topi Jerami ini beranggotakan 9 orang  hebat yang memiliki kemampuan istimewa pada bidangnya masing-masing. Mereka adalah, Luffy yang mengawali perjalanannya sebagai Bajak Laut tanpa bekal apapun, kecuali sebuah perahu kecil dan karena sebuah badai, Luffy pun tertidur di dalam sebuah tong besar yang ia bawa. Luffy mengumpulkan anggota Bajak Lautnya selama perjalannya menuju Grand Line satu per satu. Kru pertama yang diajaknya untuk menjadi Nakama adalah Zoro, kemudian Nami, Usopp, Sanji, Chopper, Robin, Franky dan yang terakhir Brook.

Nah, berikut adalah karakter lengkap kru Straw Hat Pirates. Cekidot ...

1. Monkey D. Luffy


Monkey D. Luffy adalah karakter utama dalam cerita anime dan manga One Piece. Ayah Luffy adalah Komandan Tentara Revolusioner Monkey D. Dragon, kakeknya adalah Monkey D. Garp yang merupakan mantan Wakil Admiral Angkatan Laut yang juga merupakan Pahlawan untuk Angkatan Laut. Kakak angkatnya adalah Portgas D. Ace yang merupakan anak kandung Gol D. Roger dan ibunya Portgas D. Rouge.

Kepribadian dan Karakter

Luffy memiliki karakter yang Jantan, namun memilki sifat yang Lucu. Bodoh, Konyol, dan Ramah. Luffy sama sekali tidak mengerti mengenai laut dan memiliki banyak kekurangan, oleh karena itulah dia mencari anggota bajak laut yang bisa melengkapinya dan bersama - sama mencari One Piece. Sebagai Kapten, Luffy merasa memiliki tanggung jawab yang besar untuk melindungi seluruh anggota kelompoknya. Dia akan sangat marah jika ada yang menyakiti anggota kelompoknya ataupun teman - temannya.

Walaupun Luffy juga dikenal sebagai sumber masalah dan merepotkan anggota bajak laut yang lain, namun sebagai Kapten seluruh anggota kelompoknya sangat menghormati keteguhan hati dan keputusannya.
Luffy sama sekali tidak pernah membunuh musuhnya, karena bagi Luffy kehilangan harga diri karena dikalahkan akan lebih menyakitkan daripada merenggut nyawa.

Kisah Awal

Luffy berasal dari Desa Fusha (Fuschia) di East Blue. Pada masa kecilnya dia diasuh oleh kakeknya Monkey D. Garp. Kemudian Luffy dititipkan pada keluarga Bandit Dadan, disanalah Luffy dikenalkan dengan saudara barunya Portgas D. Ace. Teman Ace yang bernama Sabo dikenal sebagai pencari harta. Ace pun mengikutinya dengan bekeja sama dengan Sabo. Saat luffy dititipan oleh Garp di rumah Ace, maka proyek pengumpulan harta yang dilakukan oleh Ace dan Sabo diikuti diam-diam oleh Luffy. Dan akhirnya mereka bertemu dan menjadi 3 bersaudara.



Ketika Monkey D Luffy masih kecil, dia bertemu kelompok bajak laut yang singgah di desanya. Kelompok bajak laut tersebut dipimpin oleh Shanks (Red Haired Shanks) dan Luffy ingin sekali bergabung dengannya. Luffy menusuk bagian bawah matanya dengan pisau sebagai tanda bahwa ia mempunyai keberanian, tetapi Shanks tetap menolaknya. Setelah Luffy bertemu dengan Higuma, Luffy diculik oleh kawanan perompak gunung dan Luffy dibawanya ke laut. Shanks menolongnya walaupun harus kehilangan sebelah tangannya. Ternyata alasan Shanks menolak Luffy adalah karena dahsyatnya lautan. Kemudian Luffy berjanji akan melebihi Shanks dan menjadi raja bajak laut lalu Shanks memberikan topi jeraminya dan berkata: "Kuberikan topi berhargaku ini padamu, kelak kau harus mengembalikannya padaku". Karena Topi Jerami yang khas itulah Monkey D. Luffy diberi julukan Si Topi Jerami

Harga Buronan

Awalnya, kepala Luffy dihargai 30.000.000 Berry setelah mengalahkan Arlong dan menjadi harga tertinggi di wilayah East Blue (Nilai nominal untuk kriminal di East Blue adalah 10.000.000 Berry). Kemudian dia meraih harga 100.000.000 Berry untuk kepalanya setelah mengalahkan Crocodile, salah satu dari Sichibukai, dan naik menjadi 300.000.000 berry setelah peristiwa di Enies Lobby. Lalu harganya naik menjadi 400.000.000 berry setelah peristiwa Impel Down.


2. Roronoa Zoro

Roronoa Zoro adalah anggota pertama dari Bajak Laut Topi Jerami, biasanya anggota pertama secara tidak langsung menjadi Wakil Kapten. Dia menciptakan gaya bertarung sendiri yaitu Santoryuu (3 pedang). Zoro dibesarkan di sebuah Dojo Desa Shimotsuki di East Blue.

Kepribadian dan Karakter

Roronoa Zoro memiliki karakter yang sangat keren dan tangguh, namun mempunyai yang lucu yaitu suka tersesat, tidur, dan juga berolahraga. Zoro sangat menghormati Luffy karena keteguhan hatinya sebagai seorang Kapten. Zoro adalah teman terbaik Luffy dan yang paling mengerti Luffy (ketika peristiwa Usopp dan Aokiji) serta Robin adalah orang yang sama sekali tidak pernah mengejeknya ataupun memukulnya dan paling menghormatinya.

Kisah Awal

Zoro kecil adalah seorang murid dari Dojo milik ayah Kuina, Koushiro. Dojo ini berada di Desa Shimotsuki di East Blue. Zoro ketika masih kecil menggunakan dua pedang, dan sangat terlatih dia bahkan bisa mengalahkan orang dewasa. Satu-satunya orang yang tidak bisa dikalahkan Zoro adalah Kuina, anak gadis sang guru. Zoro dikalahkan Kuina sampai 2000 kali (Wikia), sampai pada akhirnya Zoro menantang Kuina untuk bertanding dengan pedang sungguhan. Zoro kemudian kalah lagi dan menangis. Setelah itu Kuina memberitahu Zoro kalau pada akhirnya wanita-lah yang akan lemah pada saat mereka menjadi dewasa, kelak dia akan dikalahkan Zoro. Kemudian Zoro kembali berkata pada Kuina kalau dia tidak boleh bicara seperti itu dan berjanji agar terus bertanding sampai siapa diantara mereka berdua yang menjadi pendekar pedang terkuat.

Esok paginya, Kuina meninggal karena jatuh dari tangga rumahnya. Zoro marah dan menganggap kalau Kuina ingin ingkari perjanjian tersebut. Pada akhirnya Zoro menangis sambil meminta pedang milik Kuina dan berjanji untuk meneruskan cita-citanya. Pedang milik Kuina adalah yang ada di mulutnya, Wadou Ichimonji, termasuk 21 pedang tertajam di dunia.

Senjata

Zoro adalah pendekar pedang, karena itu bagi Zoro pedang adalah harta karunnya, harta yang tidak ternilai. Pedang-pedang yang dipakai Zoro adalah sebagai berikut :
  • Wadou Ichimonji (berasal dari Kuina)
  • Sandai Kitetsu (berasal dari Ippon-Matsu)
  • O-Wazamono Shuushui (berasal dari samurai Ryuuma)


Pedang lain yang pernah dipakai Zoro :
  • Yubashiri (dikaratkan oleh Shuu)
  • Katana 2x ( dihancurkan oleh Mihawk )
  • Pedang Yosaku dan Johhny ( dikembalikan )


Zoro pernah bertarung dengan Mihawk (Pendekar Pedang Nomer 1 di dunia One Piece) dan dikalahkan olehnya. Lalu Mihawk pernah berkata pada Zoro :

''Terlalu cepat untuk mati disini. Namaku adalah Dracule Mihawk! Temukanlah kekuatan sejatimu, didunia yang sesungguhnya dan jadilah kuat. Berapa lamapun kau mencapainya, aku akan menunggu di tingkat teratas, Melampaui pedang ini! Melampauiku! Roronoa Zoro!!!''

Harga Buruan

Awalnya Zoro masuk daftar buruan dengan harga 60.000.000 Berry karena telah mengalahkan Dazz Bones si pembunuh besar dan 100 orang pemburu hadiah di pulau kaktus Whiskey Peak.  Setelah kejadian di Enies Lobby nilai buruan Zoro meningkat drastis menjadi 120.000.000 Berry.


3. Nami

Nami adalah orang kedua yang bergabung dalam kelompok Topi Jerami, sehingga sekarang Bajak Laut Topi Jerami ada 3 orang anggota (Termasuk Luffy). Namun, akhirnya Nami melarikan diri dan akhirnya bergabung lagi menjadi anggota ke 5 di Kelompok Topi Jerami. Nami berasal dari Pulau Commi, Desa Kokoyashi.

Kepribadian dan Karakter

Nami sangat menyukai segala sesuatu yang berhubungan dengan uang dan juga harta. Nami adalah navigator dan kartografer serta klimatolog yang handal dan profesional. Dia punya kemampuan untuk meramal cuaca dan perubahannya. Nami suka memukul Luffy dan anggota kelompok Topi Jerami yang lain, namun Nami sangat menghormati Luffy walaupun kadang dia berpikir sempit dan membuat keputusan yang sangat kontroversial.

Kisah Awal

19 tahun yang lalu, ada pertempuran dahsyat antara anggota angkatan laut dengan bajak laut di sebuah pulau. Pada akhir pertempuran dimana semuanya hancur, seorang anak kecil (yang nantinya adalah Nojiko) membawa bayi (Nami) menghampiri anggota angkatan laut wanita bernama Belle-Mere yang diambang kematian. Sepulang Belle-Mere ke Desa Kokoyashi, dia berniat mengadopsi kedua anak itu.

Belle-Mere sebagai ibu selalu mengajarkan kepada Nami dan Nojiko untuk menjadi kuat, dan tidak melupakan kekuatan senyum. Belle-Mere juga mendukung impian Nami untuk menggambar peta yang dia sebut selangkah menuju impian. Mereka tinggal di rumah Belle-Mere yang juga kebun jeruk yang mereka kelola. Nami juga dekat dengan Genzo, kepala Desa Kokoyashi, dan sekarang dia menganggap Gen (panggilan untuk Genzo) sebagai ayahnya.

Ketika Arlong menyerang desa dan langsung menarik pajak dengan paksa penduduk desa. Arlong membunuh Belle-Mere di depan warga juga kedua anaknya. Arlong yang mengetahui keahlian kartografi Nami membawa Nami sebagai ahli survey dan pembuat peta. Kemudian di Arlong Park, Nami membuat janji pada Arlong untuk melepaskan warga dari ancamannya jika Nami berhasil mengumpulkan 100.000.000 berry. Sudah 8 tahun dia mencari uang dan membuat peta. Oleh karena itulah dia disebut sebagai Kucing Pencuri karena kelihaian dan kemampuan mencurinya yang luar biasa.


Pertemuan Nami dan Luffy adalah di Kota Orange, pada cerita Buggy. Disini Nami bergabung sebagai navigator sebagai bentuk kerjasama atas hartanya. Pada cerita Baratie, Nami kabur dari kelompok di tengah-tengah kemelut dan membawa kapal Going Merry. Dia kabur sambil membawa harta mereka dan juga harta Johnny dan Yosaku.

Luffy dan yang lainnya mengejar Nami di Desa Kokoyashi. Kemudian Luffy menghentikan Nami yang sedang menusuk lambang Arlong di bahunya sambil menangis dalam kemarahan, Luffy menerima permintaan tolong dalam kesedihan Nami. Setelah pertempuran besar dan menghancurkan Arlong Park, Nami bergabung secara resmi di bawah bendera Topi Jerami. Dia meninggalkan semua uangnya di rumah dan pergi tanpa berkata apa-apa. Ketika menuju kapal, Nami lari melewati semua warga dan mencuri semua dompet mereka. Warga kaget dan berteriak pada Nami dan Nami membalasnya dengan kata “aku pergi dulu, jaga diri kalian”. Hali ini membuat ekspresi berbeda pada kru seperti Usopp yang berkata kalau dia tidak berubah, Luffy yang tertawa, Sanji yang memujinya dan Zoro yang berkata kalau dia pasti akan mengkhianati mereka lagi.


Senjata
  • Wooden Staff - Sebenarnya tongkat ini adalah tongkat kayu biasa yang sebenarnya tidaklah efektif untuk bertarung, namun nami akan cemas jika ia bepergian tanpa perlindungan.Tongkat ini terdiri dari 3 bagian yang bisa dibongkar. 
  • Clima Tact - Usopp membuatkan Nami sebuah tongkat baru yang diadaptasi dari bentuk sebelumnya (dapat dibongkar menjadi tiga) bernama Clima Tact, yang ketiga bagiannya dapat menghasilkan Bola Panas (heat ball), Bola Dingin ( cool ball ), dan Bola Listrik ( thunder ball ).
  • Perfect Clima Tact - Pada saat akhir Skypiea, Usopp memodifikasi Clima Tact dengan Dial yang diperolehnya dan diperkenalkan pada cerita Water Seven, bernama Perfect Clima Tact. Thunderbolt Tempo pada senjata baru ini sangat kuat untuk menghabisi ratusan angkatan laut di Enies Lobby. 

Harga Buruan

Nami memiliki nilai 16.000.000 Berry setelah peristiwa di Ennies Lobby.


4. Usopp

Usopp adalah orang ketiga yang bergabung di  Bajak Laut Topi Jerami. sehingga sekarang anggota kelompok Topi Jerami ada 4 orang (Termasuk Luffy). Namun setelah Nami kabur menjadi orang kedua yang bergabung dan anggota Topi Jerami ada 3 orang (LuffyZoro, dan Usopp). Usopp berasal dari Desa Syrup di Pulau Gecko (Termasuk East Blue).

Kepribadian dan Karakter

Usopp pada awal karakternya digambarkan sebagai manusia biasa dengan kemampuan yang biasa saja. Dulu dia suka berbohong kepada siapa pun. Sifatnya yang paling terlihat adalah penakut dan tidak suka mengambil resiko yang mebahayakan dirinya. Usopp selalu merasa menjadi orang yang paling lemah dalam kelompok Topi Jerami. Namun setelah dia mengetahui tentang kematian Portgas D. Ace (Kakak Luffy) dan tentang rencana Luffy untuk bertemu 2 tahun lagi dia berusaha keras untuk meningkatkan kekuatannya agar tidak membebani anggota yang lain lagi.

Kisah Awal

Usopp adalah anak dari Yasopp yang merupakan Anggota Bajak Laut Shanks (Red Haired Shanks). Demi bergabung dengan Shanks, Yasopp meninggalkan Usopp dan Istrinya. Ibunya akhirnya menderita penyakit yang tidak bisa disembuhkan, demi memberi semangat kepada ibunya agar cepat sembuh Usopp mulai berbohong mengenai kedatangan ayahnya Yasopp, namun akhirnya ibunya meninggal dunia.

Mulai saat itu juga Usopp mulai menceritakan kebohongan kemana - mana, termasuk kepada Kaya, seorang gadis yang menderita penyakit dan harus diam di rumah sepanjang hari. Dia juga membuat kelompok Bajak Laut yang bernama bajak Laut Usopp, anggotanya adalah Ninjin, Tamanegi dan Piiman.

Hingga akhirnya kelompok Bajak Laut Topi Jerami tiba di Desa Syrup untuk mencari Kapal, dan Usopp juga menceritakan kebohongan pada mereka, tapi mereka akhirnya berteman baik. Hingga Luffy, Nami dan Zoro membantu Usopp melawan Kapten Kuro. Hingga akhirnya mereka mendapat Kapal Bajak Laut yang pertama Going Merry.

Senjata
  • Ketapel
  • Ketapel Besar dengan Skypian Dial (Kabuto)
  • Ketapel dengan Pop Green (Biji - Bijian)

Harga Buruan

Harga buruan untuk Usopp adalah 30.000.000 Berry.


5. Sanji

Sanji adalah orang keempat yang bergabung di  Bajak Laut Topi Jerami. sehingga sekarang anggota kelompok Topi Jerami ada 5 orang (Termasuk Luffy). Namun setelah Nami kabur menjadi orang ketiga yang bergabung dan anggota Topi Jerami ada 4 orang (Luffy, Zoro, Usopp, Sanji). Sanji berasal dari North Blue (Sanji merupakan orang pertama yang bergabung di luar dari East Blue).

Kepribadian dan Karakter

Sanji adalah tipe pria yang sangat tergila-gila pada wanita cantik. Penampilannya cukup tampan dengan rambut pirangnya yang lurus dan pendek serta alis lucunya yang berbentuk melingkar. Tapi dibalik sikapnya itu dia sangat menghormati wanita. Meskipun dalam pertarungan dia juga tidak akan mau menyakiti seorang wanita. Selama 2 tahun Sanji berada di kerajaan Kamabaka yang semuanya adalah Gay dan pemimpinya adalah Ivankov. Disini Sanji belajar memasak dan jurus selama 2 tahun sebelum waktu yang dijanjikan untuk pertemuan kembali tiba. Penampilannya setelah 2 tahun tetap, tapi sekarang mata kanan yang tertutupi oleh rambutnya.

Kisah Awal

Sanji adalah anak didik dari Zeff, mereka berdua memiliki sejarah panjang bersama. 9 tahun sebelumnya, ketika Sanji masih bocah dia bekerja sebagai koki kapal di Cruise Obit di North Blue, kemudian Bajak Laut Red Leg Zeff dan anak buahnya menyerang kapal. Tiba - tiba kedua kapal terjebak dalam badai yang dahyat dan karam. Zeff menyelamatkan Sanji saat tenggelam, saat berusaha menyelamatkan Sanji dia kehilangan salah satu kakinya.

Sanji kemudian bergabung dengan Bajak Laut Topi Jerami dan bercita-cita menemukan All Blue (Laut dimana East Blue, West Blue, Nort Blue, dan South Blue bertemu dan merupakan pusat sumber makanan dilaut, atau bisa dibilang Surga Para Koki.). Sanji juga untuk membalas budi kepada si tua Zeff yang telah menyelamatkan nyawanya dengan cara membuktikan bahwa laut All Blue itu ada. Karena di semasa dia masih bajak laut dia juga mempunyai cita-cita yang sama dengan Sanji, untuk menemukan All Blue.

Harga Buruan

Harga buruan Sanji adalah 77.000.000 Berry.


6. Tony Tony Chopper

Chopper adalah orang kelima yang bergabung di  Bajak Laut Topi Jerami, sehingga sekarang anggota kelompok Topi Jerami ada 6 orang (Termasuk Luffy). Chopper berasal dari Pulau Drum (Chopper merupakan anggota Bajak Laut Topi Jerami yang lahir di Grand Line).

Kepribadian dan Karakter

Chopper memiliki karakter penakut sama seperti Nami dan Usopp. Ia juga mudah percaya akan cerita - cerita bualan Usopp. Walaupun sebenarnya ia sangatlah kuat. Chooper juga sebenarnya senang dipuji walaupun kata-katanya kebalikan dari ekspresi yang dimunculkan. Chopper juga memiliki sifat pemalu dan mudah terkesan seperti Luffy pada hal-hal konyol dan kemampuan tersembunyi.

Kisah Awal

Chopper dilahirkan sebagai seekor rusa kutub yang memilki keanehan yaitu berhidung biru. Ia sangat diasingkan oleh kelompok rusa kutub lainnya karena keanehannya tersebut (Chopper selalu mengikuti kawanan jauh di belakang). Suatu hari ia memakan buah iblis tipe Zoan yakni Hito Hito. Ia kemudian dapat berbicara dan berpikir seperti layaknya manusia, dan pada akhirnya dia dibuang oleh orang tuanya. 


Chopper ingin bergabung dengan manusia - manusia, tetapi karena wujud manusianya yang seperti monster, ia juga ditolak oleh mereka. Pada akhirnya dia dijuluki monster salju oleh penduduk kemudian ditembaki oleh penduduk desa. Saat sedang terluka, Chopper ditolong oleh Dokter Hiruluk, dokter gadungan yang dibenci penduduk karena meresahkan, padahal tujuannya sebenernya baik. Kemudian akhirnya Chopper menjadi Asisten Dokter Hiluluk dan bekerja bersama untuk menyelesaikan penelitiannya (Sakura). Chopper juga sering menemani Dokter untuk bekerja pada penduduk. Chopper juga diceritakan semangat dari bendera bajak laut, yang Hiluluk percaya dapat menyembuhkan segala penyakit. Hiluluk menganggap Chopper sebagai anaknya sendiri, dan dia diberi nama Chopper oleh Hiluluk karena tanduknya sangat kuat hingga bisa membelah (Chop) pohon.

Kata - kata Hiluluk kepada Wapol sebelum dia meninggal untuk Chopper:
"Kalian tidak akan bisa membunuhku, kapan seorang akan mati? Saat jantung mereka mereka terkena peluru senjata? Bukan! Saat mereka menderita penyakit yang tidak bisa disembuhkan? Bukan! Saat mereka makan jamur beracun? Juga Bukan ! Tapi... saat mereka telah dilupakan oleh orang lain. Walaupun aku lenyap, impianku akan terwujud, dan hati para penduduk negeri yang sakit ini pun akan sembuh. Sebentar lagi seekor monster akan datang kemari, dia adalah anakku, jangan sentuh dia"
Chopper juga diajari tentang ilmu kedokteran oleh Kureha (Dokterin) yang menjadikan asistennya. Chopper selalu menyertai Kureha ketika dia "berburu" pasien. Chopper dijadikan rusa penarik kereta salju Kureha, sehingga dia dijuluki nenek sihir.

Harga Buruan

Chopper mendapatkan nilai buruan sebesar 50 Berry / Beli karena dia hanya dikira sebagai hewan peliharaan dari Kelompok Bajak Laut Topi Jerami. Hal ini membuatnya sedih karena ia juga bertarung seperti seorang pria. Luffy berkata kalau ia harus berusaha keras di pertarungan selanjutnya.

7. Nico Robin

Robin adalah orang keenam yang bergabung di  Bajak Laut Topi Jerami, sehingga sekarang anggota kelompok Topi Jerami ada 7 orang (Termasuk Nami). Dia adalah anggota kedua untuk bergabung kembali, melakukan hal itu di akhir Arc Enies Lobby. Robin juga anggota pertama yang pernah menjadi musuh Bajak Laut Topi Jerami. Robin berasal dari Pulau Ohara, dia dilahirkan dari keluarga Arkeolog, Ibunya bernama Nico Olivia.

Kepribadian dan Karakter

Robin adalah wanita yang sangat cerdas dan terjaga emosinya, dia selalu diam dan membaca buku dari pada kru-kru lainnya yang sangat banyak tingkah. Robin akan sangat cocok jika bepergian bersama Chopper karena hobi mereka yang sama, yaitu membaca Buku. Robin adalah orang yang lebih memilih diam di berbagai situasi dan tetap berpikir tenang dan dingin. Dia cukup baik dengan kru yang lain, meskipun gayanya sedikit dingin, sebenarnya agak baik dan peduli. Dia kagum pada suasana kapal karena Luffy dan yang lain tidak pernah serius dan menghabiskan waktu mereka untuk bersenang-senang, yang banyak menyenangkan Robin. Dia adalah salah satu pembimbing kelompok dan memainkan sedikit peran sebagai kakak. Selalu tersenyum dan ceria terutama dengan Nami.

Kisah Awal

Diceritakan Nico Robin yang terlahir di Pulau Ohara, dan berasal dari keluarga arkeolog. Ibunya, Nico Olvia, pergi ke laut untuk mengungkapkan sejarah yang sejati, ketika Robin berumur dua tahun, Ibunya meninggalkan Robin dalam perawatan adik Olvia dan istrinya, Roji. Sementara ayah Robin tidak pernah diketahui keberadaanya, Olvia menyatakan bahwa ia akan menghormati mimpi suaminya, ia kemudian meninggalkan Robin untuk mempelajari poneglyphs.

Arkeolog Ohara adalah kebanggaan penduduk pulau itu. Markas besar mereka terletak di basement Pohon Pengetahuan, perpustakaan terbesar dan tertua di dunia. Dari sana mereka bekerja dan mengatur ekspedisi untuk mengumpulkan dan mengeksplorasi unsur-unsur yang mengungkap sejarah dunia. Profesor Clover memberikan izin Robin untuk membaca buku-buku di perpustakaan Ohara. Pohon Pengetahuan menjadi rumah kedua Robin. Dan ketika Robin mendapat gelar Ph.D. dalam Arkeologi pada usia 8 tahun. (Wikipedia)

Saat Robin lari menangis dan menuju ke pantai yang berada barat laut dari Ohara, disana Robin bertemu dengan raksasa, Jaguar D. Saul, yang terdampar di pantai. Keduanya menjadi teman dan Robin terus mengunjunginya selama empat hari berikutnya, ketika ia membangun rakit nya. Setelah Saul tahu dia bahwa dia berada di Ohara dan tahu bahwa Robin adalah putri dari Olvia, ia memberitahu Robin tentang kapal perang yang dalam perjalanan mereka ke Ohara untuk menghancurkan karena para Arkeolog yang berusaha mempelajari Poneglyph. Robin ingin mempringatkan ibunya tentang Kapal perang yang akan datang menyerang pulau. Olivia menitipkan Robin pada Saul agar dapat keluar Pulau Ohara dengan selamat, namun akhirnya Saul harus berhadapan dengan Kuzan (Admiral Aokiji). Robin berjalan ke rakit yang dibuat oleh Saul, Kuzan mengatakan bahwa ia membiarkan Robin pergi, karena ia penasaran tentang mengapa Saul mempertaruhkan hidupnya untuk dia. Robin kemudian meninggalkannya dipandu oleh jalur es Kuzan yang dibuat untuknya. RObin mengingat kata-kata Saul, ia mencoba untuk tertawa tapi akhirnya tetap menangis, seluruh Pulau Ohara terbakar habis, hanya Robin yang tertinggal sebagai satu - satunya yang selamat.

Harga Buruan

Pada saat masih kecil Robin menjadi seorang buronan berharga 79.000.000 Berry / Beli karena dia seorang dianggap sebagai iblis terakhir dari Ohara, anak yang diketahui telah dapat membaca sejarah kuno Poneglyph. Setelah peristiwa di Arc Enies Lobby harga buruan Robin naik menjadi 80.000.000 Berry / Beli.


8. Franky

Franky adalah orang ketujuh yang bergabung di  Bajak Laut Topi Jerami, sehingga sekarang anggota Kelompok Topi Jerami ada 8 orang (Termasuk Luffy). Franky juga anggota kedua yang pernah menjadi musuh Bajak Laut Topi Jerami. Franky dilahirkan di South Blue, ketika dia masih kecil orang tuanya (Bajak Laut) melemparkan Franky keluar Kapal kedalam lautan. Franky diselamatkan oleh Tom si Pembuat Kapal Legendaris.

Kepribadian dan Karakter

Franky adalah cyborg yang konyol dan bodoh. Franky selalu melakukan pose-pose yang aneh ketika akan beraksi. Franky juga pemarah dan akan serius jika masalah yang ditanggapinya serius. Franky juga memilki sifat eksentrik, berkemauan keras, berjiwa bebas dan sering memiliki terang-terangan mengabaikan untuk aturan. Luffy, Chopper, dan Usopp sangat kagum dengan perubahan Franky setelah 2 tahun berlalu, Franky memilki banyak senjata dan perubahan pada tubuhnya.

Kisah Awal

Franky yang memiliki nama asli Cutty Flam, yang ketika masih kecil dibuang kelaut oleh orang tuanya dan kemudian diselamatkan oleh Tom. Tom adalah Pembuat Kapal Legendaris yang membuat Kapal untuk Raja Bajak Laut, Gold Roger. Murid Tom yang lain yaitu Iceburg menganggap Cutty Flam adalah nama yang sangat aneh dan memanggilnya Franky. Franky belajar cara membangun kapal dari Tom, tapi dia lebih banyak menghabiskan waktu untuk membangun kapal perang yang dirancang untuk mengalahkan Monster Laut dan diberi nama "Battle Franky" dengan Angka sesuai dengan urutan pembuatannya. Franky pernah manyatakan kalau dia akan membangun kapal impiannya sendiri dengan dirinya sendiri sebagai pembuat kapalnya, Tom berkata jika itu terwujud maka Franky akan melampauinya sebagai pembuat kapal.

Saat Franky berumur 12 tahun, Tom menjadi terdakwa karena telah membuat kapal bajak laut milik Gold Roger, sang raja bajak laut. Tom membuat perjanjian jika dalam waktu 10 tahun dia bisa membangun Kereta Api Laut, kereta yang mampu berlayar melintasi lautan maka Tom akan diampuni. Setelah 14 Tahun Berlalu (10 Tahun untuk membangun Kereta Api Puffing Tom, dan 4 tahun membangun jalur kereta  tambahan), Angkatan Laut akhirnya datang untuk membebaskan Tom dari tuntutan sebagai terima kasih atas pembuatan kereta tersebut.


Tetapi ada satu pihak yang tidak senang dengan pembebasan Tom tersebut yaitu CP5 dari pemerintah. CP5 yang dipimpin oleh Spandam bermaksud mengambil rancangan senjata kuno Pluton yang berada di tangan Tom, rancangan yang diturunkan dari pembuat kapal di Water 7. Tom menolak dan mengusir Spandam. Tom yang mengetahui bahwa rancangan Pluton sudah tercium segera memberitahukan kepada dua muridnya dan juga tentang Nico Robin.

Pada saat hari pengampunan Tom, kapal pengadilan ditembak dan dihancurkan oleh CP5 yang menggunakan kapal perang "Battle Franky" 1-35. Sehingga pemerintah dan warga menuduh Tom dan muridnya yang melakukan penyerangan tersebut. Akhirnya Tom kembali didakwa dan dijatuhi hukuman mati. Franky yang tidak tahan atas fitnah dari pihak pemerintah memukul Spandam dengan keras sampai wajahnya hancur. Franky mengejar Puffing Tom yang bergerak ke Ennies Lobby kemudian menghadangnya. Akhirnya Franky ditabrak oleh kereta api laut dan tubuhnya hancur berantakan. Cutty Flam dinyatakan tewas oleh pemerintah. Franky masih hidup dan menemukan kapal bajak laut yang ditinggalkan. Bagian tubuhnya yang hancur, terutama bagian depan, diperbaiki sendiri dan menjadikannya seperti mesin perang Cyborg)

Empat tahun kemudian, Franky  mengunjungi Iceburg (Walikota Water 7), Iceburg memberikan rancangan Pluton tersebut kepada Franky dan menyuruhnya pergi dari Water 7. Namun Franky tidak pergi meninggalakan Water 7, dia kemudian membentuk sebuah kelompok yang bernama Keluarga Franky. Franky dan kelompoknya mengumpulkan uang untuk membuat kapal yang Franky cita - citakan. Hingga akhirnya Franky mengambil 200.000.000 Berry / Beli dari Bajak Laut Topi Jerami untuk membeli Kayu Adam (Uang tersebut memang rencananya digunakan untuk memperbaiki kapal atau membeli kapal baru nantinya). Hingga Akhirnya Luffy marah karena Usopp dihajar habis - habisan saat berusaha mempertahankan uang tersebut. Namun akhirnya Luffy mengajak Franky untuk bergabung setelah membantu membuat kapal baru untuk mereka, Thousand Sunny.

Senjata

Senjata Franky adalah Tubuhnya yang sebagian adalah mesin (Cyborg) berisi banyak senjata dengan bahan bakar Cola.


Harga Buruan

Setelah peristiwa di Enies Lobby Harga Buruan Franky menjadi 44.000.000 Berry / Beli.


9. Brook

Brook adalah orang kedelepan yang bergabung di  Bajak Laut Topi Jerami, sehingga sekarang anggota Kelompok Topi Jerami ada 9 orang (Termasuk Luffy). Brook juga anggota kedua yang menggunakan senjata pedang selain Zoro. Brook adalah kru dari Kelompok Bajak Laut Rumbar 50 tahun yang lalu. Sebenarnya dia sudah lama meninggal, tetapi karena kekuatan buah iblis Yomi Yomi no Mi arwahnya kembali dan menemukan jasadnya yang telah tinggal tulang belulang.

Kepribadian dan Karakter

Brook adalah karakter yang eksentrik, dia merasa dirinya sangat Getleman, dia juga punya prilaku yang sangat buruk yaitu meminta melihat celana dalam para wanita cantik. Dia sering membuat lelucon aneh seputar dirinya sendiri yang merupakan sebuah Kerangka Hidup / Tulang Hidup. Tertawanya adalah yang paling khas diantara Kelompok Topi Jerami yang lain, yaitu Yohohohohohooo

Kisah Awal

Diceritakan sebelum Brook bergabung dengan Bajak Laut Rumbar, dia adalah seorang pimpinan angkatan bersenjata di suatu Kerajaan (Belum Pasti). Disana Brook belajar teknik Anggar (Gaya Pedang) dan seluruh jurusnya didapatkan disana. 

Sekitar 52 tahun yang lalu, Brook bergabung dengan Kelompok Bajak Laut Rumbar dan menjadi seorang musisi disana. Suatu hari ketika mereka sedang beristirahat di West Blue, kapal mereka diikuti oleh bayi paus yang tersesat. Melihat paus itu sangat marah, Brook menyarankan kaptennya Yorki untuk memainkan musik untuk menyemangati paus itu. Bersama dengan seluruh kru bajak laut yang lain Brook memainkan musik indah yang dia tulis sendiri.

Akhirnya Bajak Laut Rumbar menjadi sangat akrab dengan paus itu, paus itupun diberi nama Laboon. Laboon terus mengikuti mereka kemanapun, namun mereka khawatir karena Grand Line yang terlalu berbahaya untuk paus muda sepertinya. Anggota Bajak Laut Rumbar berusaha meyakinkan Laboon untuk tinggal di West Blue tapi gagal, Brook juga diminta memberitahu kepada Laboon untuk meyakinkannya agar tetap tinggal namun akhirnya gagal juga. Seluruh anggota akhirnya mencoba untuk mengabaikan Laboon dengan harapan Laboon akan menyerah dan memutuskan tinggal di West Blue. Rencana mereka kelihatannya berahasil, akhirnya Laboon tidak terlihat untuk beberapa lama kemudian.

Namun ketika memasuki Grand Line mereka terkejut ternyata Laboon masih mengikuti kapal mereka. Karena kerusakkan kapal mereka memutuskan untuk melakukan perbaikan, Brook dan kru yang lain terus bernyanyi bersama dengan Laboon saat kapal mereka sedang diperbaiki. Setelah 3 bulan selesai memperbaiki kapal, Brook dan Bajak Laut Rumbar memutuskan untuk menitipkan Laboon pada Crocus (Anak buah Gol D. Roger). Mereka berjanji pada Laboon akan datang kembali kesini setelah pergi berlayar keseluruh dunia. Dan tentu pada saat itu Laboon sudah sangat besar dan bisa ikut bertualang bersama mereka nantinya.


Pada suatu hari bencana menimpa Bajak Laut Rumbar kita mendarat dan memasuki hutan, kapten mereka Yorki dan beberapa kru lainnya terinfeksi penyakit aneh. Mereka yang terinfeksi akhirnya memutuskan berpisah dengan kru lainnya agar yang lainnya tidak ikut terinfeksi penyakit tersebut. Yorki meminta Brook untuk menyanyikan lagu favorit Bajak Laut Rumbar, Binks Sake, dan akhirnya merekapun berpisah.

Brook dan Anggota Bajak Laut Rumbar yang tersisa melanjutkan perjalanan menuju Grand Line dengan kapal baru, dengan Brook yang dipilih menjadi Kapten Bajak Laut Rumbar yang baru. Ketika mereka memasuki wilayah Florian Triangle mereka diserang oleh beberapa bajak laut. Brook dan beberapa anggota akhirnya berhasil selamat, namun karena mereka diserang dengan racun dan dokter mereka sudah mati Brook dan yang lainnya hanya tinggal menunggu waktu. Brook yan memakan buah iblis Yomi Yomi no Mi (Bisa membangkitkan orang mati) menyarankan untuk menyanyikan lagu favorit mereka untuk terakhir kalinya yang direkam pada Tone Dial. Brook berjanji akan membawa dial ini dan memperdengarkannya kepada Laboon nantinya. Walaupun mereka menikmati merekam lagu dan bernyanyi, Bajak Laut Rumbar yang tersisa perlahan - lahan mati satu per satu dengan senyum diwajah mereka semua. Brook yang tertinggal tetap bernyanyi sendiri mengingat janjinya kepada Laboon, hingga akhirnya dia mati karena racun yang menginfeksinya. 

Karena kekuatan buah Yomi Yomi, Brook berubah menjadi arwah dan harus masuk kedalam jasadnya kembali. Tapi karena di daerah itu banyak kabut, Brook sulit untuk menemukan kapalnya. Setelah lama mencari (1 tahun) akhirnya Brook menemukan jasadnya yang tinggal tulang. Sejak itu Brook hidup sendiri dikapalnya dengan wujud tengkorak. Kesendirian Brook disana sehingga dia hanya bisa berguling-guling di geladak, melompat-lompat, bersandar di dinding pada sudut 45 derajat, dan bernyanyi sendirian. Saat Brook tertidur, dia bermimpi bahwa ia dan anggota yang masih hidup, Brook selalu bangun untuk menemukan realitas kesepian dan kejam menunggunya. Lima puluh tahun menghabiskan Brook terdampar di kapal itu begitu keras dan menyakitkan, dan ia sangat merindukan kebersamaannya dengan Anggota Bajak Laut Rumbar.

Senjata

Pedang yang tersembunyi didalam tongkatnya dan juga memainkan alat musik (membuat musuhnya tertidur dan berhalusinasi).

Harga Buruan

Harga buruan Brook adalah 33.000.000 / Beli.

Sumber

1 komentar:

  1. mungkin setahun lagi akan bertambah 1 atau 2 kru lagi gan hehe :)

    BalasHapus